Friday 4 December 2015

HIDUP TANPA JUDUL


 
Perjalanan hidup dapat dijadikan sebagai Inspirasi dalam proses pengembangan diri, segala peristiwa yang telah terjadi mengajarkan banyak hal tentang esensi hidup dalam kepribadian setiap insan yang menaungi payung kehidupan masing-masing. Hidup yang telah  membawa kita kepada lorong-lorong kehidupan dimana berbagai peristiwa mewarnai setiap langkah. Langkah penuh warna menghasilkan estetika sebagai simbol bahwa kita telah lalui berbagai lorong. Lalu pertanyaannya untuk apa kita lalui semua itu?;   Ya, kita harus melaluinya, karena kita yang hidup dalam kehidupan, karena dalam hidup ada kehidupan.
 Dari pertanyaan tersebut diatas terkadang memaksakan kita untuk mengatakan “Hidup Memang Tanpa Judul”; bagaimana mungkin kita memunculkan pernyataan tersebut?, mungkinkah kita marah dengan kehidupan yang sedang kita jalani? Atau mungkin kita marah kepada sang Cipta?, bukan!!, bukan seperti kemungkinan yang ditanyaakan!!, melainkan jawaban dari kemungkinan itu adalah memang sepatutnya kita lalui segalanya, karena hakekat kita sebagai manusia bukanlah penentu untuk sebuah tujuan karena yang menentukan adalah Pencipta sebagai wujud dari keyakinan kita akan Dia, tetapi kita hanyalah perencana untuk segala perencanaan.
Terlepas dari penentu jalan adalah Pencipta dan kita adalah perencana, namun kita pula dapat menentukan jalan sendiri melalui keyakinan yang teguh akan diri kita sendiri melalui hal-hal yang kita lakukan.   Kita sebagai pelaku dalam menjalankan roda kehidupan juga, tentunya belajar memahami kebijaksanaan, karena dengan kita memahami kebijaksanaan kita belajar tentang keseimbangan. Mengapa kita harus belajar tentang keseimbangan? Karena hanya ada dua hal didunia ini sebagai pembanding yang dapat mengajarkan kita tentang keseimbangan, dua hal pembanding itu adalah antara kebaikan dan kejahatan, antara hidup dan mati, antara kaya dan miskin, antara pintar dan bodoh dan masih banyak hal pembanding lainnya sebagai tolok ukur untuk menciptakan perbandingan.
 Ketidak seimbangan berpikirlah yang mengarahkan kita kepada arah yang tak menentu, menciptakan perbedaan sampai kepada tindakan ke-egois-an. Dengan memahami kesimbangan kita mampu berlayar sesuai arah, bertindak dan berucap  sesuai porsinya, sehingga tercapainya ketenangan dan kedamaian untuk kita sendiri dan menjauhkan kita kepada pernyataan “Hidup Tanpa Judul”, melainkan kita akan didekatkan oleh pernyataan “Hidup Ku Punya Judul".
Hanya Anda yang dapat menggambarkan hidup Anda   dan hanya Anda yang dapat menolong diri Anda sendiri. Selamatkan diri Anda oleh apa yang Anda lakukan dan katakan.

No comments:

Post a Comment